ENVIRONMENTAL ACCOUNTING AND CSR

DISKUSI menarik terjadi antara mahaiswa Magister Akuntansi Universitas Trisakti  dengan  J GUNAWAN  P hd soal Coorprate Social Responsibilty dan Environmental Accounting.

Belakangan  isu lingkungan hidup semakin ramai.  Indonesia akan menjadi pelopor  yang mengharuskan perusahaan membuat laporan akuntansi lingkungan hidup dan CSR sebagai pendamping dari laporan kuangan.Peraturannya sedang digodok oleh pemerintah.

Gunawan menyarankan untuk mengambil spesialisai CSR atau Akuntansi Lingkungan hidup karena sedikit sekali ahlinya di tanah air dan masih sangat dibutuhkan.

banyak  mahasiswa tertarik akan bidang studi ini. Kerusakan lingkungan memang sudah begitu parah di Planet Bumi.perlu cara yang sedikit memaksa agar pelaku ekonomi mau memberi  perhatian pada lingkungan. Salah satunya dengan regulasi yang bersifat  memaksa.

masalah krusialnya kerusakan lingkungan contoh-contoh sederhana dipaparkan Gunawan, misalnya bungkus plastik yang sering digunakan membutuhkan waktu  1.000 tahun untuk bisa diuraikan dalam tanah. Contoh lain, untuk membuat  50 kg kertas membutuhkan 1 buah pohon berumur 20 tahun.

Bisa kita bayangkan kalau terus dibiarkan dan tidak ada tindakan-tindakan  untuk mengatasi. Perlu kajian mendalam dan upaya-upaya  cepat serta akurat dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungan.

Diharapkan peran serta pelaku usaha dan bisnis dalam l ini tidak hanya sebatas formalitas. Dibutuhkan kesadaran bahwa hal ini penting dan berbahaya jika tidak diterapkan! Semoga bisa terlaksana…

3 Komentar

  1. akuntansi lingkungan hidup????
    non profit accounting kah?

    • ditinjau dr manfaat jangka pendek ya tp jangka panjang akan medatangkan keuntungan walau tak langsung,misalnya membuat penghijauan diskitar pabrik mengeluarkan cost dijangka pendek tp manffat jk panjang setelah pohon itu besar akan menyerap toxin dimalam hari dan mengeluarkan oksigen disiang hari,benefit untuk karyawan menjadi sehat tdk sakit2an..produktifitas meningkat.

  2. bagus banget kita bisa menerapkan akuntansi lingkungan ini, coz kita bs dekat dengan alam dan alam lebih bersahabat juga dengan manusia, n ini saling menguntungkan manusia punya profit n alam dapat terjaga dan stabilitas lingkungan bisa tercapai ….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s